7 Strategi Marketing Bisnis yang Bisa Dicoba di Perusahaan
7 Strategi Marketing Bisnis yang Bisa Dicoba di Perusahaan

7 Strategi Marketing Bisnis yang Bisa Dicoba di Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki sejumlah strategi marketing bisnis yang menjadi andalan atau bahkan menjadi cadangan. Dalam setiap perusahaan baik bergerak dalam bidang produksi barang atau pelayanan, tentu ada langkah pemasaran yang harus dilakukan agar lebih laku.

Tidak heran jika hampir semua perusahaan memiliki tim sendiri untuk merencanakan pemasaran. Bahkan untuk melakukannya, tim perencanaan melakukan riset dan rapat atau diskusi berkali – kali agar dapat menemukan mana cara pemasaran paling pas dan ampuh.

Jika Anda memiliki perusahaan baru dan sedang bingung harus mencoba strategi marketing bisnis seperti apa, Anda bisa mencari referensi terkait hal tersebut. Jangan lupa untuk membentuk tim hebat yang bisa mewujudkan pemasaran sampai berhasil dan sukses.

Memang dalam sebuah perusahaan selalu ada masa jatuh bangun yang terkadang membuat owner atau pemiliknya stress. Biasanya hal tersebut terjadi karena langkah pemasarannya kurang tepat. Itu sebabnya, Anda harus mencoba beberapa strategi marketing ampuh berikut.

7 Strategi Marketing Bisnis Ampuh

Jangan pernah merasa heran mengapa ada banyak jenis strategi untuk marketing. Jika Anda ingin cepat sukses, maka Anda harus siap berpikir tentang masa depan bisnis dengan cara mempersiapkan berbagai alternatif untuk pemasaran sampai benar – benar berhasil.

Selain mempersiapkan cara pemasarannya, pastikan Anda sudah melakukan riset atau penelitian terkait konsumen. Sehingga dapat menentukan mana strategi marketing bisnis paling ampuh untuk dilakukan. Berikut beberapa jenis strategi pemasaran yang ampuh.

  1. Membuat brand sendiri

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba membuat brand sendiri. Buatlah brand yang kuat dan meyakinkan. Biasanya konsumen dapat dengan mudah memahami mana brand meyakinkan dan mana brand tidak meyakinkan.

BACA JUGA :  Pastikan Anda Paham 7 Langkah Mendirikan Bisnis Startup Ini

Cara membuat brand meyakinkan adalah dengan membuat seolah – olah brand tersebut benar – benar merupakan brand yang hanya menyediakan jasa atau barang dengan kualitas premium. Sebarkan brand tersebut sampai banyak orang mengenalnya.

Percaya atau tidak, strategi marketing bisnis ini meskipun terlihat remeh tapi bisa dapat membuat orang sudah yakin sejak awal, sehingga mereka mau menggunakan barang atau jasa dari brand ini. Tentu saja, brandnya harus berbeda dengan brand lainnya.

  1. Menggunakan sosial media

Cobalah menggunakan sosial media untuk menyebarkan brand serta informasi lainnya mengenai bisnis. Menggunakan sosial media merupakan cara paling cepat dan ampuh untuk membuat barang atau jasa cepat dikenal dan laku di kalangan masyarakat.

Hal ini karena sosial media sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga segala informasi bisa dengan cepat sampai kepada mereka melalui sosial media. Tidak heran jika strategi marketing bisnis ini juga banyak dilakukan oleh perusahaan lain.

Anda bisa memanfaatkan fitur iklan pada sosial media. Kemudian buatlah juga konten menarik mengenai bisnis tersebut, sebarkan dengan cara mempostingnya di sosial media. Biasanya masyarakat mudah tertarik dengan konten – konten menarik.

Sehingga dalam cara menggunakan sosial media ini, Anda harus berpikir kreatif dalam membuat konten. Jangan sampai membuat konten plagiat atau membosankan.

  1. Membuat artikel SEO

Selain memanfaatkan dan menggunakan sosial media, Anda juga bisa mencoba strategi marketing bisnis artikel SEO. Artikel SEO atau search engine optimization merupakan jenis artikel yang sengaja dibuat disesuaikan dengan algoritma mesin pencarian.

Sehingga setiap kali orang – orang membutuhkan sesuatu dengan mencari tahu lewat mesin pencarian, mereka akan cepat menemukan dan membaca artikel terkait. Anda bisa membuat artikel SEO sesuai dengan bisnis dan menyajikannya pada masyarakat.

BACA JUGA :  Ide dan Tips Membuka Bisnis Rumahan dengan Budget tidak Besar

Masyarakat yang membutuhkan barang atau jasa sesuai dengan bisnis Anda, akan membaca artikel SEO yang Anda buat. Kemudian mereka juga akan menemukan solusi atas permasalahan yang dimiliki dengan membaca artikel dan menggunakan jasa Anda.

  1. Mencoba google adsense

Strategi marketing bisnis lainnya yang tidak kalah ampu adalah menggunakan google adsense. Mungkin sebagai pebisnis, Anda sudah cukup sering mendengar istilah ini. Google adsense merupakan sebuah kemudahan menyebar iklan melalui browser google.

Pasti Anda pernah melihat ada iklan – iklan muncul saat membuka browser atau searching. Itulah yang disebut dengan google adsense. Manfaatkan hal ini untuk menyebarkan ikan mengenai bisnis jasa atau produk barang dan makanan.

Menggunakan google adsense terbilang ampuh karena setiap hari ada banyak jumlah orang menggunakan google untuk searching. Sembari mereka mencari tahu apa yang mereka inginkan, mereka juga bisa melihat iklan mengenai bisnis Anda di google.

  1. Mengadakan promo menguntungkan

Ada banyak strategi marketing bisnis yang bisa dicoba terapkan pada perusahaan, salah satunya adalah dengan mengadakan promo menguntungkan. Biasanya strategi ini dilakukan saat pertama kali launching atau pertama kali menawarkan barang atau jasa.

Promo menguntungkan bisa berupa diskon saat pembelian, beli 1 gratis 1, atau promo menguntungkan lainnya bagi konsumen. Biasanya para konsumen sangat mudah tertarik dengan perusahaan yang mengadakan promo menguntungkan besar – besaran.

Dengan mengadakan promo menguntungkan, Anda mendapat kesempatan membagikan manfaat yang bisa konsumen rasakan saat menggunakan barang atau jasa tersebut. Jika mereka tertarik, mereka bisa membelinya lagi di lain waktu saat butuh.

  1. Mencoba email marketing

Ada banyak perusahaan yang mencoba email marketing sebagai langkah pemasarannya. strategi marketing bisnis dengan email marketing ini cukup ampuh. Anda bisa menawarkan sebuah jasa atau barang kepada konsumen secara langsung melalui email.

BACA JUGA :  Inilah Tips Memulai Bisnis Rumahan yang Sangat Mudah

Email tersebut bisa berisi penawaran menggunakan barang atau jasa, atau penawaran promo jika konsumen mau menggunakannya. Cara ini cukup mudah dilakukan asalkan Anda kreatif menyusun kata – katanya, serta dapat memberikan penawaran terbaik.

Sediakan juga cara menggunakan jasa atau barang di dalam email tersebut. Misalnya dengan klik link, membuka aplikasi lain, atau cara lainnya. Sehingga ketika konsumen merasa tertarik menggunakan bisnis Anda, mereka bisa langsung melakukannya saat itu.

  1. Memasarkan barang berkualitas dengan service terbaik

Meskipun kelihatannya jarang dilakukan, namun siapa sangka ternyata strategi marketing bisnis dengan memasarkan barang berkualitas dan service terbaik dapat menarik minat konsumen. Anda bisa melakukan strategi ini dalam melancarkan bisnis.

Hampir semua orang selalu menginginkan barang berkualitas. Anda bisa membantu menyediakan keinginan tersebut sekaligus memberikan service atau pelayanan terbaik. Dijamin dengan layanan terbaik, konsumen akan menyukainya dan mau kembali lagi.

Service terbaik bisa dilakukan dengan cara ramah pada konsumen, cepat memberikan respon saat ada pertanyaan terkait jasa atau barang, dapat memberikan solusi terbaik jika konsumen menghadapi masalah terkait pembeliannya, dan lain sebagainya.

Sejauh ini, mendapatkan pelayanan terbaik merupakan salah satu alasan mengapa konsumen mau menggunakan jasa atau membeli barang secara terus menerus. Anda harus memanfaat karakteristik konsumen ini untuk melancarkan bisnis yang dimiliki.

Jika ingin bisnis atau perusahaan sukses, Anda tidak boleh menyerah dalam melakukan pemasaran. Pastikan langsung strategi marketing bisnis lain jika ada cara pemasaran yang gagal sebelumnya.