Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis online
image source : shutterstock

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Online

Di masa-masa pandemi seperti sekarang ini, memulai bisnis online mungkin menjadi salah satu cara mencari tambahan penghasilan yang menjanjikan atau justru menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Asal tahu cara dan apa yang ingin kamu jual yang sedang banyak dibutuhkan orang, bisa jadi kamu bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit dari usaha penjualanmu. Tapi kira-kira apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis online agar menjadi bisnis yang bagus dan berkembang? Beberapa hal ini yang harus diperhatikan.

  1. Pilih barang yang ingin dijual

Penting bagi Anda untuk memutuskan kira-kira produk apa yang inign Anda jual. Ada banyak sekali jenis bisnis online dan menjual berbagai macam produk, kamu harus mencari tahu jualan apa yang tepat untukmu. Seringkali tidak hanya barang fisik, jasa pun juga bisa dikomersilkan, misalnya menjadi tutor, membuat desain dan lain sebagainya. Namun jika memutuskan menjual barang fisik, pastikan itu adalah sesuatu yang kamu sukai. Karena jika Anda saja tidak menyukai barang tersebut, bagaimana orang lain akan menyukainya.

  1. Lakukan Riset Mengenai Kebutuhan Pasar

Melakukan riset terlebih dahulu apakah kamu memiliki pasar yang jelas untuk menjual barangmu atau tidak. Identifikasi kan terlebih dahulu kebutuhan di pasar itu apa dan ciptakan bisnis online yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya belum ada orang yang menjual kue-kue unik atau bubur ayam yang unik di areamu, itu bisa menjadi peluang bisnis yang bagus. Idemu akan percuma untuk bisnis online, jika tidak memenuhi kebutuhan pasar, maka itu kemungkinan tidak akan bertahan lama.

  1. Membangun Brand

Luangkan waktu sejenak untuk membangun brand dari usaha jualan mu. Mulai dari menentukan nama yang baik sekaligus menarik, membuat desain logo nya hingga menentukan penampilan atau gaya brand tersebut. Membangun brand itu berarti juga menemukan hal apa saja yang menjadi pembeda antara produk jualanmu dengan produk serupa lainnya. Mengapa orang perlu untuk lebih membeli barangmu dari pada yang lain, siapa saja yang menjadi target konsumenmu.

  1. Menyiapkan Modal Cukup

Modal menjadi hal yang sangat penting untuk dapat memulai usaha. Mulai terlebih dahulu dengan menyisihkan atau menabung uang yang cukup untuk modal usaha. Apabila Anda telah mempunyai pelanggan secara offline sebelumnya, maka itu akan menjadi lebih baik. Anda bisa memperkirakan sendiri seberapa modal yang Anda butuhkan untuk menjual barang yang ingin Anda jual. Mulai saja dulu dengan nominal yang kecil yang penting tidak merugikan.

  1. Kembangkan Strategi Penjualan

Setelah Anda menentukan produk dan membangun brand, berikutnya adalah kembangkan strategi penjualan Anda dengan menunjukkan kualitas produk tersebut. Anda juga dapat mengembangkan layanan yang tidak dimiliki oleh penjual lain. Pikirkan cara kreatif agar dapat menarik lebih banyak konsumen, entah itu dengan adanya pembaruan produk setiap waktu atau banyaknya varian/jenis, tampilan yang bagus dan publikasi di berbagai media sosial.

  1. Memanfaatkan Platform di E-Commerce

Ada banyak platform e-commerce yang dapat menampung bisnis online yang Anda bangun, dan seringkali itu tidak memerlukan biaya alias gratis. Selalu gunakan semua yang ada untuk membuka lebih banyak peluang jualan. Pelajari setiap e-commerce yang ingin kamu pakai kurang dan lebihinya, dari situ Anda bisa melihat potensi seperti apa yang kemungkinan dapat Anda dapatkan dari setiap e-commerce tersebut.

  1. Perhatikan Legalitas atau Surat Izin

Suatu usaha atau bisnis akan lebih baik dan bonafide jika Anda memiliki kekuatan hukum yang akan melindungi bisnismu atau memperkuat nilai jualnya. Misalnya saja Anda menjual makanan, maka akan lebih baik apabila  Anda mempunyai izin PIRT, BPOM, sertifikat halal atau yang lainnya. Atau mungkin Anda memiliki produk yang orisinal langsung dari produk yang Anda ciptakan sendiri dan ingin mendaftarkan produkmu sebagai hak paten, sehingga tidak ada orang lain yang akan menjiplak produkmu, karena sudah dipayungi hukum.

BACA JUGA :  Ide Bisnis Modal Kecil Untung besar

Itu lah beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin memulai bisnis online. Semoga lancar dan sukses selalu !