Boom ! 15 Ide Usaha Rumahan di 2022 yang Tak Ada Matinya

Ada banyak jenis peluang usaha yang bisa dilakukan di rumah saja yang tentunya bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Bukan hanya untuk para ibu rumah tangga, saat ini, banyak juga anak muda yang ingin membangun bisnis rumahan untuk mendapatkan waktu kerja yang fleksibel dan tidak terikat. Dengan kemajuan teknologi, tentunya usaha rumahan semakin mudah untuk dilakukan. Para pebisnis rumahan bisa mempromosikan produknya melalui internet.

Ide Usaha Rumahan 2022

Di awal tahun 2022 ini, tidak ada salahnya untuk coba buka peluang usaha rumahan. Ada beberapa bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal tinggi loh! Kira-kira apa saja ya ide usaha yang bisa dilakukan di rumah? Yuk simak!

1. Bisnis Aksesoris

Banyak wanita yang senang menggunakan aksesoris untuk mempercantik penampilan. Karena itu, bisnis aksesoris bisa memberi peluang yang cukup menguntungkan untuk para pelaku bisnis rumahan. Apalagi jika Anda merupakan orang yang kreatif dan sabar untuk membuat aksesoris yang cantik.

Aksesoris berupa kalung, gelang, cincin, strap masker, bandana, syal hingga aksesoris lainnya bisa dibuat dari manik-manik, batuan-batuan indah, mutiara, rantai, rajutan dan masih banyak lagi. Anda bisa menjualnya melalui marketplace atau lewat media sosial.

2. Bisnis Kue

Jika Anda memiliki skill memasak kue, Anda bisa memanfaatkan kemampuan untuk memulai bisnis kue. Jenis kue basah maupun kue kering sama-sama banyak disukai oleh masyarakat. Apalagi saat-saat spesial atau hari istimewa.

Banyak aneka usaha kue yang bisa Anda lakukan. Mulai dari usaha korean cakebento cakesoft cookies, kue ulang tahun, kue basah dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukannya hanya dengan di rumah saja.

BACA JUGA :  Ide dan Tips Membuka Bisnis Rumahan dengan Budget tidak Besar

3. Blogger

Blogger bisa dijadikan sumber penghasilan yang menjanjikan jika Anda memiliki keahlian menulis yang baik. Anda hanya memerlukan modal laptop atau PC, internet dan situs blog serta konsisten untuk menulis konten. Sudah banyak blogger yang sukses dan bisa menghasilkan penghasilan hingga miliaran.

Anda bisa melakukan kerjasama dengan brand tertentu, memasang iklan hingga menjual produk atau jasa pribadi melalui blog. Jadi, jangan meremehkan usaha rumahan satu ini. Jika Anda hobi menulis, cobalah untuk lebih profesional dengan belajar copywriting dan sebagainya.

4. Menulis Novel atau Komik

Saat ini, sudah banyak situs online yang membebaskan anggotanya untuk menulis cerita fiksi yang menarik. Jika Anda memiliki kreativitas untuk mengembangkan ide fiksi, tentu Anda bisa melakukan usaha rumahan satu ini. Anda bisa menuliskan imajinasi melalui buku cerita seperti novel atau komik. Sudah banyak anak muda yang memanfaatkan bakat menulisnya untuk membuat cerita di situs novel online hingga tulisannya diberi kesempatan untuk naik ke layar lebar alias film.

5. Bisnis Catering

Ada lagi ide bisnis rumahan yang bisa Anda jalani jika memiliki keahlian memasak. Anda bisa membuka bisnis catering kantoran, catering diet hingga catering sehat. Membuka bisnis makanan bisa menghasilkan keuntungan yang tidak main-main. Tentunya usaha catering bisa dijadikan salah satu pilihan untuk kalian yang memiliki tangan ajaib ketika memasak.

6. Jadi Reseller atau Dropshipper

Untuk bisa membuka bisnis, tentu Anda harus memiliki modal. Namun, jika terhalang modal, Anda bisa melakukan bisnis reseller dan dropshipper produk online. Di sini, Anda akan berperan untuk menjualkan atau memasarkan produk orang lain.

Anda hanya perlu mencari supplier barang yang bagus dan terpercaya. Anda bisa memasarkan produk orang lain dengan menggunakan nama toko sendiri. Pembeli yang membeli barang melalui dropshipper tidak tahu siapa penjual awal atau penjual asli produk tersebut.

BACA JUGA :  Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Online

7. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis, tentu Anda bisa membuka peluang usaha di bidang tersebut. Di zaman serba online seperti saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan banyak sektor untuk melakukan branding hingga rebranding.

Anda bisa memanfaatkan kemampuan desain grafis dengan sistem freelance di mana Anda bisa bekerjasama dengan pihak atau perusahaan luar untuk membuat iklan atau branding usaha mereka.

8. Jasa SEO Writer

Jika Anda suka menulis, tidak ada salahnya untuk mendalami tentang SEO writer. Penulis akan menulis artikel dan konten yang dipadukan dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Saat ini, posisi ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pemasaran produk yang disesuaikan dengan SEO.

Perkembangan teknologi membuat banyak orang beralih ke dunia online. Banyak orang-orang mengandalkan Google untuk mencari produk atau sekedar mencari informasi tertentu. Untuk memanfaatkan situasi ini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa SEO writer.

9. Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias bisa memberikan keuntungan yang tidak main-main. Pasalnya, beberapa jenis ikan hias bisa dijual hingga jutaan rupiah. Ya, bagi mereka pecinta ikan hias tentu harga tersebut tidak akan menjadi masalah.

Jadi, jika Anda gemar untuk merawat ikan hias, jadikan hal tersebut menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. Jika usaha diawali dengan hobi, tentu Anda mungkin tidak akan merasa sulit ketika menjalani bisnis tersebut.

10. Jasa Laundry Kiloan

Hidup di lingkungan kampus atau perumahan dengan mayoritas penduduk yang sibuk? Wah, bisa jadi peluang untuk buka usaha laundry kiloan! Banyak orang, khususnya para kelompok generasi milenial atau generasi Z memiliki kesibukan dengan intensitas tinggi. Sehingga, terkadang mereka akan memilih untuk melakukan hal simple seperti membayar jasa dan waktu orang lain untuk mencuci pakaian. Jadi, usaha laundry kiloan ini bisa sangat menguntungkan jika dijalani.

11. Usaha Menjahit

Pakaian merupakan kebutuhan penting di dalam kehidupan. Dari keahlian menjahit yang Anda miliki, Anda bisa membuka peluang usaha besar seperti tailor, konveksi hingga butik. Tentunya, kreativitas dan kerapihan menjadi tolak ukur utama untuk mengembangkan bisnis ini. Jadi, jika Anda memiliki skill tersebut, padukan dengan skill bisnis agar usaha jahit menjahit Anda bisa terus berkembang.

BACA JUGA :  3 Tips dalam Mempertahankan Bisnis di kala Pandemi

12. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Suka merawat hewan peliharaan? Kenapa tidak memanfaatkannya saja untuk peluang usaha rumahan? Anda bisa membuka usaha jasa penitipan hewan bagi orang-orang yang kebingungan ketika harus meninggalkan binatang peliharaannya di rumah.

Selain itu, Anda juga bisa berkembang untuk menawarkan jasa lain seperti grooming. Di sisi lain, Anda tentu akan senang bertemu hewan-hewan baru dan tetap bisa menghasilkan keuntungan tersendiri.

13. Bisnis Toko Kelontong

Bisnis toko kelontong menjanjikan keuntungan yang besar. Selain itu, usaha ini bisa saja disambi dengan urusan rumah tangga seperti mengurus rumah. Anda bisa memanfaatkan area depan rumah untuk membuka toko kelontong. Anda bisa menjual produk seperti bahan-bahan pokok yang selalu dibutuhkan oleh orang-orang. Tentunya dibutuhkan skill untuk bisa mengatur keuangan agar bisnis ini bisa terus memutar dan berkembang.

14. Usaha Franchise atau Kedai Kopi

Jika Anda memiliki area besar di depan rumah, kenapa tidak dimanfaatkan untuk membuka kedai kopi atau usaha franchise saja. Pasalnya, saat ini semakin banyak anak muda yang suka nongkrong di berbagai tempat seperti kedai kopi.

Anda bisa secara kreatif membuat kedai kecil-kecilan dengan menyediakan fasilitas tambahan seperti tempat yang nyaman, wifi gratis dan menu makanan yang nikmat namun mudah untuk dibuat.

15. Trading Saham

Anak muda biasanya sangat menggebu-gebu jika menyebutkan kata trading dan saham. Bermain saham bisa membuat Anda untung berkali-kali lipat jika tahu caranya. Namun, untuk menjalankan usaha yang bisa dilakukan di rumah saja ini butuh ilmu yang tepat karena memiliki risiko yang juga tinggi. Jika Anda tertarik, Anda harus membekali diri dengan ilmu investasi saham dengan baik dan benar.

Itu dia usaha rumahan yang bisa jadi ide bisnis menguntungkan. Kalau kamu, tertarik dengan bisnis apa nih?