Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Potensi Keuntungan Besar

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Potensi Keuntungan Besar

Saat ini sudah banyak bisnis ibu rumah tangga yang sangat sering dilakukan. Di Indonesia ada banyak wanita karir namun banyak juga jumlah wanita yang lebih memilih menjadi ibu rumah tangga. Sehingga mereka lebih banyak mengurus kebersihan rumah, anak, serta masakan.

Menjadi ibu rumah tangga biasanya tidak punya penghasilan sendiri. Suami selalu memberikan uang untuk belanja serta kebutuhan lainnya sehari – hari. Namun tentu ada beberapa wanita ibu rumah tangga yang lebih suka memiliki sumber penghasilan sendiri meskipun tidak banyak.

Namun, jika Anda mencoba beberapa bisnis ibu rumah tangga berikut, mungkin penghasilan yang datang bisa lebih banyak dari harapan. Ada beberapa jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang sangat mudah dilakukan, apalagi jika sungguh – sungguh dalam menjalankan bisnisnya.

Sebagai ibu rumah tangga, memang ada banyak kesibukan di rumah setiap hari. Namun bukan berarti tidak bisa menjalankan usaha sendiri dan mendapatkan keuntungan. Beberapa jenis bisnis berikut dapat dilakukan dengan waktu dan tempat fleksibel serta potensi untung besar.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Meskipun sibuk setiap hari dengan urusan rumah tangga, Anda tetap bisa mencoba berbisnis sendiri di rumah yang tidak mengganggu waktu sibuk dengan urusan rumah tangga. Tentu usaha tersebut harus benar – benar mudah namun tetap bisa memberikan keuntungan.

Hanya perlu sedikit modal dan usaha mandiri dalam menjalankannya, Anda sudah bisa berbisnis secara mandiri. Sehingga ada pemasukan yang bisa untuk tambahan belanja atau lainnya tanpa harus menunggu sumber keuangan utama dari hasil kerja suami. Inilah beberapa bisnis itu.

  1. Laundry kiloan

Jika suka dengan kegiatan mencuci, jemur dan setrika, Anda harus mencoba bisnis laundry kiloan ini. Apalagi saat ini sudah banyak orang yang sangat sibuk dengan urusan kerjanya sehingga lebih memilih menggunakan jasa orang lain untuk mencuci baju.

BACA JUGA :  7 Kesalahan yang Harus Dihindari Sebagai Freelancer Pemula

Anda bisa menjadi orang yang menyediakan jasa cuci baju ini. Akan lebih mudah jika sudah memiliki mesin cuci serta halaman luas untuk menjemur pakaian. Jenis bisnis ibu rumah tangga ini dapat memberikan keuntungan sangat besar serta mudah dilakukan.

Berikan layanan cuci baju dengan setrika atau tanpa setrika seperti jasa laundry pada umumnya. Berikan juga kualitas terbaik terhadap hasil cuci dan setrika agar bisa mendapat pelanggan setia. Lebih baik lagi jika menemukan pewangi terbaik dan harum.

  1. Usaha catering

Coba juga bisnis ibu rumah tangga dengan membuka usaha catering. Jenis usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang sangat suka memasak. Jika Anda juga memiliki bakat dalam memasakan makanan enak, coba saja membuka catering.

Cara promosi saat membuka usaha catering juga tidak sulit, mulai dari tetangga – tetangga yang memiliki acara besar dan membutuhkan jasa catering. Kemudian promosikan juga catering serta foto – fotonya melalui website atau sosial media.

Modal untuk membuka usaha catering biasanya sedikit besar namun keuntungannya juga sangat besar. Tidak heran jika banyak ibu – ibu sering membuka catering di rumahnya. Asalkan benar – benar bisa memasak dan memiliki alat memadai tentu bisa berhasil.

  1. Toko kelontong

Membuka toko kelontong juga bisa menjadi salah satu pilihan bisnis ibu rumah tangga. Waktu untuk bekerja dalam toko kelontong juga sangat fleksibel. Anda bebas menentukan kapan toko harus buka atau tutup. Selain itu hal ini juga tidak melelahkan.

Kebanyakan orang – orang merasa bingung jika tidak ada toko kelontong di daerah rumah mereka. Manfaatkan  hal ini menjadi peluang bisnis paling mudah dengan keuntungan besar. Anda bisa menjual sembako, alat tulis, dan lain sebagainya di sana.

BACA JUGA :  Cara Memulai Bisnis Online Paling Mudah untuk Pemula

Jika sudah ada toko terdekat, maka tetangga – tetangga juga akan lebih memilih membeli di toko kelontong daripada harus pergi jauh ke mall atau lokasi lainnya. Pasang harga wajar dan lengkapi isi toko dengan kebutuhan – kebutuhan pokok masyarakat.

  1. Usaha camilan ringan

Usaha camilan ringan juga merupakan bisnis ibu rumah tangga paling mudah dilakukan. Modalnya juga tidak terlalu besar serta waktunya fleksibel. Bisa dengan membuka usaha camilan ringan seperti sosis, roti bakar, minuman dingin, cilok, mie ayam dan lainnya.

Meskipun awalnya tidak terlalu laku atau susah mendapatkan pembeli, sebaiknya Anda tetap sabar menunggu. Hal ini karena biasanya orang – orang mudah merasa tergiur dengan jajanan di sekitarnya, namun rasa tergiur itu biasanya datang perlahan.

Cara memulai membuka usaha camilan ringan juga tidak membutuhkan tempat besar atau membangun bangunan kecil baru. Cukup gunakan halaman atau teras rumah, kemudian berikan kursi serta tambahkan alat – alat lainnya untuk memasak.

  1. Jual pulsa dan paket data

Coba juga menjual pulsa dan paket data. Banyak juga ibu – ibu mencoba bisnis ibu rumah tangga ini di rumahnya. Modalnya juga tidak besar serta potensi lakunya besar. Pasti Anda juga tahu bahwa kini semua orang membutuhkan pulsa dan paket data.

Bangunlah konter kecil dan lengkapi isinya. Jika sudah mulai mendapatkan banyak keuntungan, coba isi dengan beberapa layanan lain seperti pembayaran air, beli pulsa token, bayar bpjs, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan menjual aksesoris hp.

  1. Jualan online

Diantara banyak bisnis ibu rumah tangga, jualan online adalah salah satu jenis usaha paling diminati dan disukai oleh orang – orang. Barang yang dijual juga bisa beragam mulai dari pakaian, barang – barang dapur, aksesoris hp, serta makanan instan ringan.

BACA JUGA :  Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Online

Besarnya minat orang – orang pada jualan online karena cara mengerjakannya sangat mudah dan sangat fleksibel. Jika menjadi dropshipper juga tidak memerlukan modal uang, hanya memerlukan perangkat seperti hp atau laptop serta jaringan internet stabil.

Biasanya juga membutuhkan tempat untuk barang – barangnya, namun ini tidak sulit karena bisa menggunakan salah satu ruangan di dalam rumah saja. Selain itu juga hanya memerlukan pemikiran kreatif agar bisa memasarkan barang – barang dengan baik.

  1. Jasa menjahit

Jasa menjahit adalah bisnis ibu rumah tangga sangat cocok untuk para wanita yang suka menjahit. Banyak sekali para ibu memiliki keahlian dalam desain dan menjahit namun tidak menyalurkan bakatnya menjadi ladang penghasilan di rumah secara mandiri.

Cara memulai bisnis menjahit sangat mudah asalkan memiliki mesin jahit dan kemampuan dalam menjahit. Pasanglah spanduk tentang penjahit dengan cara menarik di depan halaman agar orang – orang tertarik datang dan menjahitkan bajunya.

Cobalah memberikan layanan dapat menjahit baju seragam, obras, neci, dan lain sebagainya. Dijamin banyak tetangga akan datang memberikan baju atau kainnya untuk dijahit. Jika hasilnya bagus, pasti tetangga akan membantu promosi ke orang lain.

Jika Anda merupakan ibu rumah tangga, tidak perlu lagi bingung saat ingin memiliki ladang penghasilan sendiri. Jangan khawatir dengan tugas – tugas akan terbengkalai, terutama jika mencoba beberapa jenis bisnis ibu rumah tangga tersebut.