Ide bisnis modal kecil untung besar

Ide Bisnis Modal Kecil Untung besar

Orang-orang ramai dan berlomba-lomba dalam mencari ide usaha modal kecil yang bisa memberikan keuntungan besar. Terlebih lagi pada kondisi pandemi seperti sekarang ini membuat sebagian orang mengalami penurunan penghasilan atau bahkan kehilangan pekerjaan nya. Itulah mengapa banyak orang mencari penghasilan tambahan yang mungkin bisa menjadi bisnis masa depan.

Tetapi sering kita bingung dan bimbang akan membuat bisnis yang seperti apa. Belum termasuk dengan modal yang harus dikeluarkan. Tentunya jika membuat usaha dari awal maka perlu banyak pertimbangan agar dapat berjalan dengan baik nantinya.

Beberapa contoh ide bisnis dengan minim modal yang dapat mendatangkan untung besar antara lain :

  1. Online Shop

Di era digital seperti sekarang ini, tren masyarakat dalam berbelanja sudah mengarah pada dunia online, karena tidak perlu tenaga untuk ke toko untuk membeli barang, hanya butuh kuota untuk mencari barang yang ingin kita beli.

Biasanya pelaku pebisnis online shop akan membuka toko melalui media sosial ataupun website. Melalui media tersebut mereka menawarkan produk yang sekiranya dibutuhkan masyarakat luas. Jika Anda memiliki ide untuk menjual produk, coba lah mempelajari lebih dalam mengenai online shop.

  1. Dropshipper

Dropshipper ialah jenis bisnis yang memungkinkan Anda untuk menjual produk orang lain tanpa harus punya stok barang terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda bertindak sebagai perantara antara pemasok produk dan pelanggan. Tidak perlu modal besar, modal yang dibutuhkan untuk usaha dropshipper hanya HP dan kuota saja. Dengan hampir tanpa modal uang, kita dapat memperoleh keuntungan dengan hanya menawarkan produk orang lain.

  1. Designer

Ide berikutnya adalah dengan menjadi designer. Jika Anda mempunyai skill desain yang bagus, coba lah untuk memperdalam kemampuan tersebut dan menjadikannya sebagai peluang bisnis. Apalagi di zaman sekarang ini banyak dibutuhkan desainer-desainer untuk menunjang bisnis mereka, seperti untuk media iklan, untuk model desain pakaian, dll. Anda cukup mengeluarkan anggaran modal untuk perangkat laptop dan software editor.

  1. Influencer atau Content Creator

Bagi kaum milenial yang berkecimpung di dunia meida dan komunikasi, contoh bisnis modal kecil yang satu ini mungkin terdengar familiar. Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan kapasitas yang ia miliki agar masyarakat mau untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan content creator adalah seseorang yang membuat konten untuk dinikmati orang, seperti video-video pendek, atapun film pendek yang dikemas untuk memberi hiburan atau edukasi kepada penonton.

BACA JUGA :  6 Langkah Menemukan Ide Bisnis yang Inovatif dan Disukai Pasar

Kedua contoh ini memang menjadi peluang bisnis yang sedang naik daun. Bagaimana tidak, caranya yang terbilang ‘mudah’ menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas. Dengan bermodal smartphone dan kemampuan persuasi yang baik, Anda bisa mencoba untuk menjadi influencer maupun content creator.

  1. Freelance

Selain influencer dan juga content creator, kaum millennial pasti tidak asing mendengar profesi freelance atau pekerja lepas. Pekerja lepas ini seringkali dipilih menjadi pijakan awal karir para fresh graduate.

Dengan bermodal hard dan soft skill yang didapatkan semasa kuliah, menjadi freelancer adalah langkah yang tepat untuk diambil.

Selain mendapatkan bekal pengalaman kerja untuk melamar di perusahaan tertentu, skill yang sesuai dengan pekerjaan freelance juga dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis dengan modal yang minim.

Bisnis modal kecil lainnya

Selain kelima contoh ide usaha di atas, masih banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda terapkan. Berikut daftarnya.

  1. Guru bimbingan belajar online
  2. Katering
  3. Bisnis handmade
  4. Agen pulsa
  5. Buka franchise kedai makanan dan minuman
  6. Pakaian bekas (preloved)
  7. MUA
  8. Reseller
  9. Jual handmade goods
  10. Laundry

 

Semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi dalam membangun bisnis anda.