Pastikan Anda Paham 7 Langkah Mendirikan Bisnis Startup Ini
Pastikan Anda Paham 7 Langkah Mendirikan Bisnis Startup Ini

Pastikan Anda Paham 7 Langkah Mendirikan Bisnis Startup Ini

Mengetahui langkah mendirikan bisnis startup yang mudah akan membantu Anda dalam membangunnya. Tidak hanya di kalangan pebisnis terkenal dan berpengalaman saja, bahkan kini sudah banyak anak muda yang mulai merintis perusahaan baru seperti jenis startup ini.

Kini mendapatkan penghasilan tidak harus dengan bekerja pada orang lain atau bekerja di kantor. Anda juga bisa membuat sumber penghasilan sendiri, bisa dengan mendirikan bisnis kecil di rumah, atau seperti mendirikan perusahaan startup ini dengan cara yang mudah.

Memang banyak orang yang sudah berhasil dalam bisnisnya merasakan sendiri bahwa ada banyak lika – liku dalam merintis perusahaannya. Namun hal ini bukan menjadi penghalang bagi Anda, apalagi jika sudah memahami bagaimana langkah mendirikan bisnis startup paling tepat.

Saat ingin merintis sebuah usaha, pastikan Anda sudah meneguhkan hati untuk terus menjalaninya sampai akhir. Tidak boleh ada kata menyerah apalagi sampai berhenti di tengah jalan. Cobalah untuk merekrut rekan – rekan terbaik agar dapat membantu dalam prosesnya.

Selain membulatkan tekad untuk mendirikan usaha, perhatikan juga beberapa langkah berikut untuk mendirikan sebuah perusahaan startup sampai berhasil. Pastikan mencoba melakukan semua langkahnya agar mudah mencapai sukses sesuai dengan harapan sebelumnya.

7 Langkah Mendirikan Bisnis Startup

Sebelum mencoba mendirikannya, Anda harus memahami bahwa startup merupakan sebuah bisnis rintisan dengan produk atau jasa unik. Dengan melihat pengertiannya, mungkin Anda sudah memahami bahwa saat merintis, perlu adanya pemikiran kreatif mengenai bisnisnya.

Karena produk atau jasa yang ditawarkan unik dan belum pernah ada sebelumnya, maka menentukan bidang bisnisnya tentu tidak mudah. Harus ada pertimbangan sangat matang mengenai bidang bisnis tersebut. Jika tidak, maka besar kemungkinan jatuh di tengah jalan.

BACA JUGA :  Tips Mengelola Stres untuk Ibu-ibu Pengusaha

Masa sulit juga pasti ada dalam setiap usaha mendirikan sebuah perusahaan, namun bukan berarti Anda tidak mau memulainya karena merasa takut. Langkah – langkah berikut ini akan membantu dalam memudahkan proses mendirikan startup bagi yang masih takut mencobanya.

  1. Bentuk tim yang hebat

Memang dalam mendirikan sebuah bisnis, Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Itu sebabnya langkah mendirikan bisnis startup paling awal adalah dengan membentuk sebuah tim hebat untuk membantu mudahnya proses mendirikan sebuah usaha.

Tim hebat tersebut dapat terdiri dari rekan – rekan yang sudah dikenal sebelumnya, sehingga mudah untuk melakukan komunikasi serta diskusi mengenai banyak hal tentang perusahaan. Diskusikan mengenai jenis usaha serta target pemasarannya.

Bersama dengan rekan – rekan hebat, Anda juga bisa menentukan nama perusahaan, visi dan misi, serta hal – hal lain yang diperlukan sebagai profil perusahaannya. Banyaklah melakukan komunikasi dan mendengar pendapat dari rekan – rekan.

Namun sebelum itu, pastikan semua rekan tersebut memiliki keahliannya masing – masing. Setidaknya ada keahlian dalam bidang manajemen sumber daya manusia, keahlian komputer, keahlian keuangan atau ekonomi, atau keahlian pemasaran.

  1. Perhatikan masalah keuangan

Kemudian langkah mendirikan bisnis startup adalah memperhatikan masalah keuangan. Pastikan memiliki modal awal saat akan merintis usaha, karena dalam setiap usaha mendirikan bisnis pasti membutuhkan modal cukup bahkan harus lebih jika bisa.

Modal awal ini bisa digunakan untuk melakukan riset terhadap konsumen, mencari kantor atau tempat untuk menjalankan bisnisnya, serta kebutuhan operasional lainnya seperti biaya listrik, biaya air, biaya makan, print, fotocopy dan lain sebagainya.

Namun keuangan dan modal awal ini jangan sampai melebihi batas wajar saat digunakan. Apalagi dalam merintis startup, Anda membutuhkan banyak uang untuk hal lain. Sehingga harus hemat dan lakukan penekanan pada pengeluaran sebisa mungkin

  1. Memperluas relasi

Perluas relasi sebagai langkah mendirikan bisnis startup selanjutnya. Dalam bisnis apapun baik startup atau bukan, relasi sangatlah penting agar lebih lancar. Dengan membangun relasi, Anda bisa mempermudah segala urusan di hari – hari berikutnya.

BACA JUGA :  Pastikan Anda Paham 7 Langkah Mendirikan Bisnis Startup Ini

Relasi ini bisa diperluas dengan menjalin hubungan bersama orang – orang dari perusahaan lain, bisa juga dengan orang – orang hebat lainnya. Relasi dapat bermanfaat banyak serta memberikan dampak positif terhadap startup yang sedang Anda bangun.

Misalnya saja, suatu hari nanti Anda perlu menjalin kerja sama dengan perusahaan lain dalam menekuni bidang yang tidak Anda kuasai. Jika memiliki relasi dengan orang dari perusahaan lain, Anda bisa meminta bantuannya dengan menjalin kerja sama terbaik.

  1. Mencari investor yang tepat

Carilah investor yang tepat dan benar – benar mau bekerja sama. Mencari investor adalah hal paling sulit dalam langkah mendirikan bisnis startup. Hal ini karena tidak semua investor mau menginvestasikan uangnya pada sembarang perusahaan.

Itu sebabnya, Anda harus membentuk strategi agar pihak investor merasa yakin dan mau menginvestasikan uangnya. Selain membentuk strategi tersebut, pastikan sejak awal sudah mendirikan usaha di bidang yang sangat menjanjikan dan bermanfaat.

Untuk meyakinkan para investor agar mereka mau menginvestasikan uangnya, pastikan sudah menyusun proposal bisnis dengan baik, benar, serta sesuai dengan seharusnya. Sertakan informasi paling lengkap mengenai profil perusahaan serta bidang bisnisnya.

  1. Membentuk strategi pemasaran

Setelah mendapatkan investor, lakukan langkah mendirikan bisnis startup selanjutnya yaitu membentuk strategi pemasaran. Bersama dengan rekan – rekan dalam tim, cobalah saling bertukar ide tentang strategi pemasaran paling ampuh dan berhasil.

Selain itu, carilah referensi mengenai strategi pemasaran di internet atau lainnya. Namun jika ingin cepat berhasil menggunakan strategi pemasaran paling ampuh, cobalah mengandalkan strategi pemasaran digital yaitu melalui cara – cara online.

Pemasaran digital bisa berupa pemasaran melalui sosial media, website, atau platform lainnya secara online. Kini banyak orang mencari informasinya secara online, manfaatkan hal ini untuk menyebarluaskan tentang produk atau jasa dalam startup.

  1. Terapkan budaya perusahaan yang baik

Selain banyak melakukan usaha baik untuk konsumen, pastikan suasana dalam tim juga nyaman agar kinerjanya juga bisa maksimal. Lakukan langkah mendirikan bisnis startup yaitu dengan menerapkan budaya perusahaan baik dan fleksibel untuk semua rekan.

BACA JUGA :  Ide dan Tips Membuka Bisnis Rumahan dengan Budget tidak Besar

Budaya perusahaan positif tersebut bisa berupa sharing beberapa minggu sekali, terdapat jam istirahat, datang lebih awal ke kantor, dilarang ada pertikaian pribadi dan lain sebagainya. Pastikan semua rekan mau mengikuti budaya perusahaan tersebut.

  1. Tetapkan sifat tidak menyerah dan percaya diri

Tetapkan juga sifat tidak mudah menyerah dan rasa percaya diri sebagai langkah mendirikan bisnis startup berikutnya. Meskipun kelihatannya mudah, namun banyak yang merasa kesulitan dalam menerapkan sifat tidak menyerah dan rasa percaya diri.

Biasanya saat merintis bisnis, kebanyakan orang mudah merasa insecure dengan bisnis milik orang lain. Hal ini menyebabkan munculnya rasa tidak percaya diri sehingga kegiatan dalam bisnisnya menjadi kurang maksimal dan gagal di tengah jalan.

Bahkan sifat tidak mudah menyerah dan rasa percaya diri ini tidak hanya diterapkan pada Anda, namun juga pada semua rekan dalam tim.

Meskipun masih pemula dalam hal ini, pastikan Anda berusaha melakukan langkah mendirikan bisnis startup ini dengan rasa yakin akan berhasil sampai akhir.