Strategi promosi unik dan relevan
image source : freepik.com

Strategi Promosi yang Unik, Efektif dan Relevan 2022

Apabila mengingat-ingat strategi promosi pada tahun-tahun sebelumnya, tidak ada yang benar-benar tahu mengenai strategi promosi yang akan efektif dan populer di masa yang akan datang, terutama dengan adanya kondisi seperti pandemi yang tak terduga ini. Walaupun pandemi akan berakhir nantinya, kemungkinan besar perilaku konsumen tidak akan pernah kembali sepenuhnya seperti tahun-tahun sebelumnya dan mungkin akan mengalami perubahan. Hal tersebut akan mempengaruhi strategi dalam mempormosikan suatu produk

Di dunia bisnis seperti sekarang ini, ekosistem promosi memiliki sifat yang dinamis. Taktik, tren dan teknologi baru terus bermunculan untuk menarik perhatian konsumen. Apabila Anda terjebak pada strategi promosi yang sudah tidak relevan, maka kemungkinan besar bisnis yang Anda jalankan tidak akan berhasil. Anda harus mencari ide membuat strategi promosi yang kreatif, unik, dan juga relevan dengan masa kini. Cara tersebut akan memberikan hasil yang mungkin tidak pernah Anda rasakan sebelumnya.

Strategi dalam melakukan promosi merupakan kunci untuk memposisikan merek Anda di pasar, membuat orang mengetahui mengenai produk/layanan Anda, dan bagaimana mereka bisa memperoleh manfaat dengan memilih produk/layanan Anda. Cara ini dapat menjangkau target audiens, menciptakan brand awareness dan juga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Strategi promosi yang kreatif dan unik juga bisa membantu bisnis Anda untuk mendapat perhatian dari pelanggan dan prospek. Bagi perusahaan yang sudah besar, hal ini mungkin dapat dilakukan dengan mudah, namun bagi perusahaan kecil adalah saat yang tepat untuk menunjukkan strategi promosi yang out of the box. Dibawah ini, kami akan membahas 8 strategi promosi yang kreatif, unik, dan relevan di masa kini untuk memberi perusahaan Anda keunggulan dibandingkan kompetitor Anda.

BACA JUGA :  7 Kesalahan Umum dalam Marketing

 

  1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) memungkinkan untuk dapat memprediksi perilaku pelanggan seperti personalisasi customer experience, membuat konten, mengelola promosi dan mengoptimalkan kinerja Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengambil semua data pemasaran yang dibutuhkan dan kemudian menganalisanya.

  1. Chatbot

Cara konsumen mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan berubah secara drastis. Mereka tidak mau membuang waktu dengan menelusuri satu persatu untuk mencari produk yang mereka butuhkan. Chatbot membantu konsumen dalam mengatasi masalah tersebut. Chatbot adalah jenis percakapan berbasis AI dengan cara berinteraksi dengan orang-orang melalui interface teks atau suara. Menggunakan chatbot dalam strategi promosi memungkinkan Anda menawarkan customer service 27/7 dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, cara ini dapat menghemat waktu dan biaya.

  1. Micro-influencer 

Strategi promosi ini masih mendominasi di tahun ini dan mungkin akan semakin berkembang di masa depan. Di antara gerakan tersebut, Anda dapat fokus pada micro-influencer karena mereka memiliki dampak yang lebih besar daripada influencer top. Konsumen lebih percaya bahwa micro-influencer menggunakan produk/layanan dengan lebih jujur dan cara yang unik.

  1. Konten video 

Konten visual terutama dalam format video memiliki rasio klik-tayang paling tinggi dari semua format digital yang ada. Seperti yang Anda ketahui, bahwa video pendek saat ini lebih mendominasi di hampir semua sosial media dan semakin banyak perusahaan yang berinvestasi di dalamnya untuk mempromosikan bisnis mereka.

  1. Konten Blog 

Saat ini orang-orang cenderung memilih bahasa yang lebih santai saat mereka membacanya. Mereka lebih banyak memberi respon pada konten yang dirasa menarik dan kreatif. Blog mungkin akan menjadi tempat pertama yang dilihat pelanggan ketika mereka memiliki pertanyaan tentang bisnis Anda. Konten yang Anda buat harus menjawab pertanyaan mereka dan mampu memecahkan masalah mereka. Jika Anda tidak memberikan konten yang baik maka mereka mungkin akan mencarinya di tempat lain.

  1. Desain Grafis Kreatif 

Agar strategi promosi Anda berhasil dan menginspirasi pengguna untuk mengklik atau membuka situs Anda, Anda harus memprioritaskan desain grafis. Apabila Anda ingin berkreasi dengan proyek pemasaran digital, Anda tidak perlu takut untuk menggunakan visual yang mencolok demi menarik perhatian pengguna.

  1. Kupon Digital 

Penukaran kupon masih menjadi strategi promosi yang ampuh yang disukai oleh semua pelanggan. Terutama  karena sekarang ini penggunaan kupon digital telah meningkat dan dapat dilakukan pada smartphone dengan lebih mudah. Cara ini memiliki dampak besar pada proses keputusan konsumen dalam melakukan pembelian dan meningkatkan penjualan. Selain itu Anda bisa memperoleh data pelanggan dengan mudah dan menggunakannya untuk promosi lebih lanjut.

BACA JUGA :  7 Kesalahan Umum dalam Marketing