Tips Mengatur Keuangan Pribadi
image source : shutterstock.com

Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Seiring bertambahnya usia mengharuskan kita agar dapat lebih pintar memilih mana yang menjadi kebutuhan ataupun hanya sekadar keinginan, maka diperlukan untuk mengatur keuangan secara bijak. Semakin besar pendapatan yang dihasilkan itu tidak lah menentukan seseorang dalam kondisi finansial yang stabil. Apabila seseorang tidak mengelola keuangan nya dengan benar, kemungkinan besar mereka akan selalu terjebak dalam gaya hidup yang salah tersebut. Setiap individu memiliki cara mengatur keuangan yang berbeda sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang dihadapi. Dalam artikel kali ini Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana menyiapkan masa depan yang aman dan didambakan.

  1. Rajin Menabung

Peribahasa yang berbunyi “Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya” memang lah benar. Dari peribahasa tersebut mengajarkan kita untuk dapat menerapakan budaya rajin, rajin apa saja mengenai yang kita jalani termasuk menabung dan juga hidup hemat. Kita tidak tahu kejadian apa yang akan menimpa kita di kemudian hari. Sehingga, alangkah baiknya untuk dapat menyisihkan beberapa persen dari pendapatan yang kita terima untuk kemudian ditabung.

Jika Anda merasa bingung bagaimana cara menabung yang benar, cobalah menggunakan metode “kakeibo” (seni menabung dari Jepang) yaitu alokasikan setiap 20% dari penghasilan setiap bulan Anda.

Namun akan lebih baik apabila uang yang akan kita tabung kita belikan saham, reksadana ataupun obligasi, sehingga uang yang kita tabung akan dapat memiliki nilai yang terus bertambah.

  1. Membuat Rincian Pengeluaran

Buatlah rincian pengeluaran untuk tiap bulannya agar mudah ditelusuri kemana saja uang yang Anda gunakan. Misal kan, membuat rincian pengeluaran untuk makan sehari-hari, belanja kebutuhan primer, melunasi hutang atau cicilan jika ada, kebutuhan hiburan, dan lain-lain. Anda dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang ada atau secara manual catat di notebook.

  1. Memulai Berinvestasi

Untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, mengambil keputusan untuk berinvestasi adalah langkah yang tepat. Ada banyak instrumen investasi yang dapat Anda gunakan yaitu diantaranya saham, obligasi, emas, reksadana, deposito dan lain-lain sesuai dengan jenis tingkat risiko masing – masing. Sebagai pemula, pilihlah instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang paling rendah.

BACA JUGA :  Hindari Investasi pada Sektor ini di Tengah Ancaman Resesi Ekonomi

Semakin bertambahnya usia, hasil dari uang yang sudah kita investasi kan sejak dini pasti akan sangat terasa manfaatnya.

  1. Melunasi Hutang dan Cicilan dengan Tepat Waktu

Bagi Anda yang mempunyai hutan atau cicilan tiap bulannya, misalnya cicilan KPR dan kartu kredit, agar rajin melunasinya dengan tepat waktu. Hal tersebut dilakukan supaya tidak dikenakan bunga yang terlalu tinggi dan tentu pula untuk menjaga skor kredit kita berada di status yang baik. Apabila mempunyai cicilan kartu kredit, usahakan untuk selalu membayar dengan pembayaran penuh, bukan dengan jumlah minimum pembayaran nya. Hal tersebut dilakukan agar dapat menghindarkan kita dari kebiasaan yang terlalu konsumtif.

  1. Menyediakan Dana Darurat

Dana darurat ialah dana yang telah dipersiapkan untuk tujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga dan mendesak seperti terjadinya kecelakaan, sakit, ataupun kondisi saat tidak adanya sumber penghasilan lagi. Besarnya jumlah dana darurat untuk setiap individu pasti berbeda, namun pada umumnya adalah 10 kali lipat dari penghasilan setiap bulan yang kita terima. Pisahkan rekening dana darurat dengan rekening kebutuhan sehari-hari agar dana darurat tersebut tidak terpakai dan tetap terjaga sampai waktu yang tepat untuk dikeluarkan.

  1. Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang lah mempermudah kita dalam memiliki barang dengan cara mencicil setiap bulannya. Namun, penggunaan kartu kredit juga harus dapat kita kontrol sesuai dengan porsinya dan tidak digunakan untuk keperluan yang terlalu boros dan konsumtif. Adapun tips untuk menggunakan kartu kredit secara bijak yaitu mengusahakan untuk membayar cicilan tersebut setiap bulannya dengan pembayaran penuh. Selain hal itu, jangan sekali – kali meminjamkan kartu kredit Anda ke kerabat Anda. Karena apabila sudah berpindah tangan dari kepelimikan aslinya, akan sulit dikontrol pengeluaran kartu kredit yang telah berjalan itu kemana saja.

  1. Menyiapkan Dana Pensiun

Anda sekiranya dapat merencanakan kebutuhan saat masa pensiun nanti tiba. Masa pensiun ialah masa dimana kita tidak dituntut untuk mencari sumber penghasilan seperti waktu muda dulu lagi, tetapi masa untuk menikmati masa – masa tua. Anda juga harus dapat menyesuaikan gaya hidup ketika masa pensiun tiba sejalan dengan kondisi dan kemampuan. Apabila Anda merencanakan untuk pensiun pada usia 55 tahun, maka Anda memiliki waktu kurang lebih 25 sampai 30 tahun untuk menyiapkan dana pensiun tersebut.

BACA JUGA :  Tips Berinvestasi di Reksadana bagi Pemula

 

Seperti itulah cara mengatur keuangan dengan baik dan benar yang dapat Anda jalankan. Memang dalam prosesnya tidak mudah, namun tetaplah menikmati proses dan ingat lah tujuan akhir yang akan Anda capai. Selalu semangat menyiapkan masa depan yang lebih baik!