Tips mulai investasi
image source : shutterstock

Tips Strategi Investasi yang Efektif Agar Tercapai Financial Freedom

Kebebasan finansial atau istilah kerennya financial freedom adalah keadaan ketika seseorang telah mencapai bebas secara keuangan. Apa maksudnya ? Ini artinya berarti kita tidak perlu lagi susah payah bekerja untuk menghasilkan uang. Bekerja hanya dilakukan sebagai hobi atau passion saja, karena tanpa bekerja pun kebutuhan dasar sudah terpenuhi.

Secara teknis financial freedom merupakan kondisi dimana pendapatan pasif (passive income) dan pendapatan investasi dapat menutupi pengeluaran. Apabila ingin lebih aman lagi, pendapatan pasif dan pendapatan investasi tersebut harus bisa dua kali lipat pengeluaran.

Itulah kenapa kita memerlukan strategi yang tepat agar dapat menghasilkan dan mencapai angka tersebut dengan penghasilan pasif dan investasi. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun strategi investasi yang efektif.

 

  1. Menentukan tujuan keuangan

Langkah awal ketika ingin berinvestasi yaitu menentukan tujuan keuangan. Setelah itu baru lah merancang investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Ibaratnya jika ingin pergi, tentukan ingin pergi kemana, setelah itu baru menentukan kendaraan apa yang sesuai untuk bisa sampai pada tujuan tersebut. Pastikan kita mengetahui apa yang ingin dicapai, tentukan target untuk masing-masing tujuan keuangan. Dalam hal ini, tujuan nya adalah mendapatkan kebebasan keuangan atau financial freedom.

Namun setiap orang memiliki angka yang berbeda – beda untuk menyatakan bahwa dai sudah mendapatkan kebebasan keuangannya. Jadi kita perlu mengetahui berapa penghasilan yang harus dimiliki untuk mencapai tahap kebebasan keuangan.

 

  1. Membuat portofolio investasi

Portofolio investasi yaitu gabungan dari beberapa instrumen investasi dengan porsi tertentu. Membangun portofolio investasi adalah langkah krusial dalam berinvestasi. Tujuannya apa? Meminimalisir resiko investasi dan meningkatkan keuntungan.

BACA JUGA :  Mengenal Jenis-jenis Instrumen Investasi yang Dapat Anda Lakukan

Jika salah membuat portofolio investasi, risiko bisa jadi terlalu tinggi, alih-alih ingin untung besar, malah jadi rugi banyak. Ketika kita menghadapi pasar dalam kondisi yang kurang menguntungkan, investasi juga bisa hancur. Maka diperlukan satrategi dan waktu yang tepat.

Disinilah kunci efektivitas dari sebuah investasi. Strategi terpenting dalam membangun investasi yang efektif adalah terletak pada pembuatan portofolio investasi yang baik dan tepat. Cash flow dan capital gain harus juga dipertimbangkan.

Capital gain digunakan untuk mencapai tujuan keuangan dalam jangka panjang. Namun apabila baru mulai berinvestasi, sebaiknya lebih fokus untuk mendapatkan pendapatan cash flow terlebih dahulu. Setelah memiliki pendapatan cash flow yang cukup barulah mulai fokus meningkatkan capital gain.

Hasil yang didapatkan dari capital gain nantinya akan dapat digunakan untuk membeli aset yang menghasilkan pendapatan pasif. Dengan begitu, maka akan semakin mudah untuk mencapai financial freedom.

Apabila belum pernah memiliki pengalaman dalam membuat portofolio investasi sebelumnya, sebaiknya berkonsultasi terlabih dahulu dengan perencana keuangan. Pastikan kalau kita berkonsultasi dengan perencana keuangan yang kompeten agar portofolio yang dibuat efektif dan mengarah pada profit.

 

  1. Implementasi investasi

Setelah yakin dengan portofolio investasi yang sudah dibuat, selanjutnya segera lakukan langkah implementasi. Jangan menunda untuk berinvestasi, karena kita mungkin bisa kehilangan kesempatan yang besar. Patuhi portofolio investasi yang sudah dibuat sebelumnya. Apabila ingin menambah modal investasi pada salah satu produk investasi, tambahkan juga modal pada produk lain sesuai porsinya. Dengan begitu proporsi setiap instrumen investasi dalam portofolio kita gak akan berubah dan akan tetap sesuai dengan perencanaan. Jangan terlalu sering mengubah-ubah portofolio investasi karena nantinya mungkin hasil investasi bisa tidak maksimal.

BACA JUGA :  Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Terkadang seorang investor mudah terpengaruh dengan kabar terbaru atau isu-isu tertentu mengenai investasi yang belum tentu benar. Akibatnya investor merasa harus mengubah-ubah portofolio investasinya sesuai isu yang beredar tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu risiko yang akan timbul nantinya.

 

  1. Melakukan review berkala

Implementasi investasi bukanlah langkah yang bisa dibilang ‘sekali jadi’. Dalam prosesnya, banyak pembelajaran yang akan kita dapatkan, apalagi apabila kita masih pemula dalam dunia investasi. Karena sebab itu, review berkala sangat penting untuk dilakukan.

Melakukan pengkajian segala hal tentang investasi mulai dari portofolio, praktek investasi, hingga hasil investasi. Pastikan semuanya telah berjalan sesuai dengan rencana, jika ada hal yang kurang efektif maka perbaikia atau buat perencanaan yang baru. Ingat, jangan gegabah dalam membuat perubahan, selalu review rencana baru tersebut sampai kita yakin bahwa perubahan tersebut adalah keputusan yang tepat.

Dengan review berkala ini kita dapat menemukan kesalahan-kesalahan atau hal yang bisa dikembangkan lebih baik lagi dalam investasi.

 

Investasi merupakan salah satu cara untuk mencapai financial freedom. Ada banyak strategi investasi yang dapat digunakan, tetapi strategi terbaik tercipta dari hasil dari proses yang panjang. Selamat berinvestasi!